23 Mei 2014

Komunikasi Laser Hantarkan Internet ke Bulan

Ilustrasi komunikasi laser antara Bumi dan Bulan.

Perkembangan teknologi membuat internet tidak hanya hadir di bumi. Dengan inovasi yang bergulir, internet memungkinkan dibawa ke bulan.

Tim ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Amerika Serikat, untuk pertama kalinya mendemonstrasikan sebuah perangkat yang mampu memindahkan sejumlah besar data secara cepat dan mudah ke ruang angkasa, melansir Daily Mail 23 Mei 2014. Perangkat yang diuji itu, bahkan dapat mengirimkan video streaming kualitas tinggi.

Guna mengirimkan data dalam jumlah besar, perangkat memanfaatkan komunikasi berbasis laser. Dalam uji coba perangkat itu, tim ilmuwan yakin skema itu dapat mentransfer data dari Bumi ke Bulan. Jika sukses, kemungkinan di masa depan, perangkat itu bakal jadi broadband andalan bagi astronot.

"Ini akan menjadi yang pertama kalinya, kami mempersembahkan implementasi sekilas teknologi itu dan bagaimana itu benar-benar bekerja," ujar Mark Stevens, peneliti MIT Lincoln Laboratory.

Steven menyebutkan, performa teknologi komunikasi pada orbit kerja dengan baik dan meyakinkan ilmuwan bahwa mereka mampu memahami pola fisika di balik proses itu. 


Menurutnya, komunikasi data tinggi antara Bumi ke Bulan dengan sinar laser merupakan tantangan yang tak mudah. Sebab, jarak keduanya mencapai 400 ribu kilometer yang yang berdampak pada menyebarnya cahaya yang dipancarkan dan tidak bisa terfokus lurus ke angkasa.

"Komunikasi ini dua kali lipat lebih sulit saat melalui atmosfer, karena goncangan dapat membelokkan cahaya dengan cepat atau bahkan bisa memutuskan sinyal penerima," jelasnya.

Teknologi komunikasi laser yang dikembangkan ini sudah menoleransi redaman awan, namun dalam kategori sedang. Teknologi juga sudah mempertimbangkan guncangan atmosfer yang disebabkan variasi daya dan problem kegagalan sinyal.

Teknologi komunikasi data itu makin dekat menghadirkan internet cepat di Bulan. Sebab, tahun lalu, tim yang sama juga telah meretas sejarah dengan Lunar Laser Demonstration (LLD). Teknologi LLD mampu memindahkan data 385 ribu kilometer antara Bumi ke Bulan dengan tingkat rata-rata unduhan mencapai 622 MB per detik. Unduhan itu lebih cepat dari teknologi sistem frekuensi radio (RF).

Transmisi data dari Bumi ke Bulan mencapai 19,44 MB per detik, 4.800 kali lebih cepat dari ungguhan transmisi radio. Teknologi yang dibesut tim MIT bakal dipresentasikan dalam Conference on Lasers and Electro-Optics (Cleo) 2014, yang digelar pada 8-13 Juni mendatang di San Jose, California, AS.



Source : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/506795-komunikasi-laser-hantarkan-internet-ke-bulan 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar