23 Mei 2014

Microsoft Resmi Akuisisi Nokia Senilai US$7,5 Miliar

Akuisisi Nokia oleh Microsoft

Perusahaan teknologi raksasa Microsoft akhirnya resmi membeli divisi ponsel perusahaan telekomunikasi asal Finlandia, Nokia, dengan nilai pembelian sesuai dengan kesepakatan selama ini, US$7,5 miliar.

"Nokia sudah menjadi bagian dari keluarga kami," kata Kepala Eksekutif Microsoft Satya Nadella dilansir BBC, Senin 28 April 2014.

Akuisisi Microsoft atas divisi ponsel Nokia telah diumumkan sejak September 2013. Namun proses ini sempat terhambat masalah perizinan dari otoritas terkait.
Kesepakatan akuisis ini juga melingkupi lisensi hak paten kepemilikan Microsoft terhadap Nokia, serta pengembangan Nokia ke depan.

Nokia sempat menjadi penguasa pasar telepon genggam di awal tahun 2000-an. Namun kedigdayaan Nokia merosot menghadapi pesaing-pesaing di pasar ponsel pintar.

Di bawah Microsoft, Nokia memasang target untuk mendobrak penjualan mereka. Saat ini Nokia sedang mengembangkan jaringan, layanan pemetaan, teknologi, dan lisensi.
Washington Post melaporkan, mantan kepala eksekutif Nokia Stephen Elop akan didapuk menjadi Wakil Presiden Eksekutif Unit Microsoft Devices.

Beberapa pekan lalu, sejumlah media mengabarkan Microsoft berencana untuk mengganti nama aset Nokia yang mereka beli menjadi 'Microsoft Mobile.' Namun Microsoft belum membenarkan kabar penggantian nama itu.

September tahun lalu, Microsoft menyampaikan bakal merekrut 32.000 pegawai Nokia, termasuk lebih dari 18.000 pegawai yang bekerja di pabrik ponsel. Di sisi lain, Nokia harus menyerahkan sejumlah patennya kepada Microsoft.




Source :  http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/500201-microsoft-resmi-akuisisi-nokia-senilai-us-7-5-miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar